Percepatan Kepangkatan di Lingkungan Fakultas Teknik Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Prodi Teknik Industri mengadakan kuliah tamu mengenai Kepangkatan di Lingkungan Fakultas Teknik Untag Surabaya. Kuliah tamu ini dihadiri oleh Dosen Prodi Teknik Industri yang bertujuan untuk memotivasi dan menjelaskan bagaimana tips untuk menaikkan jabatan akademik.

Rektor sudah menargetkan jumlah Asisten Ahli, Lektor, Lektor Kepala dan Guru Besar pada tahun 2019 sesuai kebutuhan kepangkatan. Maka dari itu perlu diadakannya kuliah tamu ini. Acara ini dinarasumberi oleh Prof. Dr. Ir Qomariyatus Sholihah, ST. M.Kes. IPU Guru Besar Teknik Industri Universitas Brawijaya Malang yang juga merupakan alumni Untag Surabaya.

Dr. Ir. Sajiyo M.Kes selaku Dekan Fakultas Teknik dalam pembukaanya menyampaikan “Kita harus meningkatkan jumlah penelitian, Rektor akan membiayai penelitian mandiri untuk kenaikan pangkat. Diharapkan semuanya dapat berkomitmen” terangnya. Beliau juga menjelaskan acara ini tidak hanya untuk prodi Teknik Industri saja, kedepanya akan roadshow di semua jurusan Fakultas Teknik.

Prof Qomariyatus menjelaskan bahwa jika sudah lulus Doktor harus cepat mengurus Profesornya. Beliau menekankan bahwa untuk kenaikan jabatan yang paling penting adalah jurnal, baik nasional maupun internasional. Tetapi untuk Profesor harus memiliki artikel Ilmiah yang telah dipublikasikan di Jurnal Internasional Bereputasi (Scopus atau Thomson Reuters).

“Memang butuh perjuangan untuk melakukannya, cara paling mudah supaya artikel lolos pada jurnal Internasional terindex Scopus adalah mencari Jurnal Indonesia yang sudah terindex Scopus”jelasnya

Lebih lanjut Beliau menjelaskan ID card jurnal Scopus juga harus dimiliki terlebih dahulu, karena di Indonesia lebih dihargai dan memiliki skor yang tinggi. Dalam perkuliahan pun Beliau mengharapkan para Dosen untuk membuat Buku ajar untuk setiap mata kuliah serta PPT bisa dijadikan Handout, handout tersebut memiliki skor 5.

Komentar